Blog Rank

Powered by  MyPagerank.Net

Minggu, 04 Oktober 2009

Melihat Benda-Benda Langit di Komputer

Apabila anda ingin melihat fenomena-fenomena di langit pada waktu lampau, waktu sekarang atau waktu yang akan datang, anda bisa melihat fenomena-fenomena di langit melalui komputer/notebook/laptop. Aplikasi untuk melihat fenomena-fenomena di langit melalui komputer adalah Stellarium. Aplikasi ini bukan ramalan tetapi aplikasi ini hanya ilustrasi benda-benda langit yang bisa anda lihat di komputer/notebook/laptop.

Klik Download untuk mendownload aplikasi Stellarium agar anda bisa melihat ilustrasi benda-benda langit di komputer. Anda bisa mengubah waktu untuk melihat kejadian yang terjadi pada masa lampau, masa sekarang, dan masa yang akan datang.



Screen Shoots Stellarium seperti di bawah ini:





































































Ketika saya berada di rumah, saya mencoba untuk melihat fenomena-fenomena di langit melalui komputer. Lalu saya coba untuk melihat fenomena-fenomena benda langit pada masa yang akan datang dengan cara mengubah waktu yang ada di stellarium. Kami mencoba aplikasi stellarium pada tanggal 8 Juli 2009 atau bertepatan dengan libur setelah pengenalan mahasiswa baru selama 1 bulan. Ketika saya mengubah waktu di aplikasi stellarium menuju tanggal 22 juli 2009, saya melihat di Shanghai (China) dan di India bagian barat daya telah terjadi Gerhana Matahari Total. Aku awalnya tidak percaya kalau akan terjadi gerhana matahari total di daerah yang aku sebutkan diatas, yaitu di Shanghai (Cina) dan di India bagian barat daya. Pada tanggal 22 Juli 2009, aku melihat berita di TV kalau di Shanghai (Cina) dan di India bagian barat daya telah terjadi gerhana matahari total.

Di India bagian barat daya terjadi gerhana matahari total pada tanggal 22 Juli 2009 pada pukul 06.00 pagi sedangkan di Shanghai (Cina) terjadi gerhana matahari total pada pukul 08.40 pagi. Pada saat itu aku percaya bahwa stellarium sangat penting untuk penelitian fenomena-fenomena benda langit dalam dunia astronomi, dunia perbintangan/zodiak dll.

Semoga dengan adanya aplikasi stellarium dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan. Amin Ya Rabbal Alamin!!!

Demikian yang saya sampaikan kurang lebihnya saya minta maaf apabila ada kekurangan yang saya sampaikan.


Wabillahi Taufik Wal Hidayah

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

1 komentar:

BAGS.com mengatakan...

Gak GAul..............

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Hard Rain | Design : Noyod.Com